Wednesday, November 9, 2016

Joshua 17 Bulan

Ketika memiliki anak pertama (Jonathan), kami sangat rajin menuliskan perkembangannya, tapi kami mulai malas ketika memiliki Joshua. Salah satu penyebabnya adalah: banyak hal  yang mirip dengan yang sudah dituliskan di blog Jonathan, dan penyebab lainnya adalah sekarang lebih sering posting di Facebook.

Beberapa hari yang lalu Joshua sudah 17 bulan. Kami sempat agak khawatir karena meski sudah merembet sejak 12 bulan, dia belum berani lepas tangan sama sekali sampai 14 bulan. Tapi kekhawatiran kami sekarang sudah hilang karena dia sudah bisa berjalan. Walaupun belum terlalu lancar, Joshua sudah semangat sekali ingin berlari. Di tempat manapun dilepaskan dari gendongan, dia akan langsung berjalan ke mana saja.

Hal yang masih kami tunggu adalah agar Joshua bisa cepat berbicara. Saat ini Joshua bisa mendendangkan berbagai lagu dengan o o o atau mmm mm mmm dengan cepat (2-3  kali mendengar sudah bisa meniru) dan relatif akurat (kami bisa segera mengenali lagu apa). 

Joshua sangat menyukai buku, dia memiliki beberapa buku favorit (Hop On Pop, We're going on A bear hunt, Brown bear brown bear what do you see) dan beberapa buku lain yang dia suka tapi tidak terlalu senang diulangi. Untuk buku favorit, kadang dia akan minta dibacakan beberapa kali sampai dia puas, lalu dia akan mengambil buku lain dan minta dibacakan buku itu. Sebelum dia bisa berjalan, kadang dia sampai minta dibacakan 10 buku ketika papanya istirahat makan siang. Joshua juga sering berpura-pura membaca dengan mengeluarkan dengan nada yang sama ketika papa membaca bukunya. Jonathan dulu kurang suka dibacakan buku (tapi sekarang dia suka membaca sendiri).



Joshua jauh lebih mudah dalam hal makan dan perkembangan tubuhnya juga sangat pesat. Umur 4 tahun Jonathan baru memiliki berat 13 kg, sedangkan Joshua saat ini sudah 13 kg. Dulu Jonathan kurang suka memasukkan apapun ke mulutnya (sayangnya ini termasuk juga makanan), sedangkan Joshua suka memasukkan benda-benda ke mulut dan suka menggigit berbagai benda di sekitarnya. 




Joshua suka bermain dengan kakaknya walau kami masih sering khawatir kalau Jonathan akan menyakiti adiknya secara tidak sengaja, atau sebaliknya karena berat Joshua dan Jonathan hanya selisih kurang dari 4 kg.



Joshua sempat sakit pilek/batuk/muntah agak lama sebelum dan sesudah kami pulang dari Indonesia, tapi selain itu secara umum kekebalan tubuh Joshua sangat baik. Sebelum usianya 2 tahun, Joshua sudah ke bangkok 2 kali dan ke Indonesia sekali (termasuk juga sampai ke kampung papanya di Sukoharjo). Perkembangan motoriknya juga bagus, lebih gesit dari Jonathan di usianya sekarang ini.


Ketika kecil, Jonathan tidak punya seseorang untuk ditiru/diganggu, sekarang Joshua suka sekali apapun yang dilakukan abangnya, seperti main piano, main tablet, mengerjakan PR







Semoga papa dan mama akan lebih sering bisa sharing lagi cerita soal Joshua.

No comments:

Post a Comment