Wednesday, September 9, 2015

Joshua 3 bulan

Tanggal 6 September kemarin Joshua berumur 3 bulan. Tadinya ada rencana mau membawa dia untuk imunisasi PCV, tapi karena hujan dan kelihatannya dia kurang sehat kami menunda membawanya imunisasi. Perkembangan Joshua sejauh ini, kalau ditimbang dengan timbangan rumah (dengan selisih orang yang menggendongnya) berat Joshua sudah 8 kilo. Lumayan deh kalau dia lagi manja dan minta digendong seharian, otot lengan jadi terasa terbentuk hahaha. Sejak lahir, Joshua itu tukang tidur. Waktu dia baru lahir sempat kuning karena dia memilih tidur daripada nyusu. Konsultan laktasi aja kehabisan teori buat membangunkan dia supaya menyusu. Nah setelah 2 minggu, akhirnya dia mulai banyak nyusu dan tetap banyak tidur. Tanggal 6 Sept kemarin, dia memecahkan rekor tidurnya, tidur siang dari jam 1 sampe jam 7 sore, dan sekitar jam 4.30 sore dia mau nyusu sambil tidur (biasanya kalau tidur dia ga mau nyusu sama sekali). Malamnya dia tetap tidur seperti biasa jam 9 dan bangun jam 3 untuk menyusu berikutnya. Tapi hari berikutnya, entah karena kebanyakan tidur hari sebelumnya atau pengaruh kopi (padahal saya sudah mulai ngopi sejak dia 2,5 bulan) dia ga mau tidur sejak jam 9 pagi sampe jam 10 malam kecuali kalau digendong atau sambil nyusu. Mungkin lagi growth spurt tapi sepertinya dia merasa ga nyaman ketularan pilek dari saya dan Jonathan. 

Untungnya hari berikutnya dan termasuk hari ini semua sudah normal lagi. Normal itu ya pagi dia akan tidur waktu antar kakak Jona ke sekolah, lanjut sampe rumah sekitar jam 11 an. Bangun tidur mimi, main-main dan nanti jam 1 an dia akan tidur lagi sampe jam jemput kakak Jona. Pulang jemput kadang dia lanjut tidur kadang ya bangun sambil mimi atau telpon eyang dan oppung sambil olahraga gerak2 badan. Terus dia akan menyimpan cadangan mimi untuk tidur sejak jam 7 malam sampe jam 9 malam. Sekitar jam 9 dia sudah tidur dan nanti minta mimi lagi sekitar jam 3 atau 4 pagi. Habis mimi langsung tidur lagi dan bangun berikutnya sekitar setengah 7 untuk mimi lagi. Jadi total frekuensi menyusuinya udah tinggal sedikit, tapi durasi menyusuinya kalau dia lagi rakus bisa lama. Sejauh ini, rasanya agak lebih ringan dibanding waktu Jonathan bayi. Jonathan sampai sekarang itu agak susah tidur, terus kalau tidur juga sebentar-sebentar doang. Semoga Joshua tetap bagus pola tidur dan menyusuinya.

Perkembangan motorik Joshua sekarang ini dia sudah bisa angkat kepala kalau ditengkurapkan (semakin stabil dibanding 2.5 bulan). Belum bisa menahan kepala tegak sendiri. Belum bisa berguling dan belum tertarik buat mengambil mainan kecuali rambut mama kalau lagi ga diikat pasti ditarik. Perkembangan yang agak beda dengan Jonathan dulu adalah kemampuan dia bersosialisasi dan komunikasi. Jonathan dulu dari 2,5 bulan juga sudah mulai bersuara dan seperti mengajak berkomunikasi, tapi Joshua sekarang ini sudah seperti pengen ngobrol dan bunyinya juga sudah bervariasi. Joshua juga gampang tersenyum dan kalau digodain udah bisa ketawa terbahak-bahak. Diajak ngobrol dengan orang baru juga dia mau memperhatikan. Satu hal yang mulai beda dari bulan sebelumnya, Joshua bisa menangis keras kalau dengar suara keras (padahal misalnya kakak Jona lagi nyanyi dengan semangatnya). Joshua juga sudah mengerti kalau namanya dipanggil. Sejauh ini dia lebih anteng dari kaka Jona dan jarang menangis kecuali kalau udah super ngantuk.

Oh ya, supaya Joshua tidak cuma makai baju warisan semua dari kakak Jona, mama iseng beli baju online dari Aliexpress, baju lucu-lucu dan sebagian sudah sampai. Ini baju dibeli ukuran untuk 9 bulan ke atas, dan sudah diduga ukurannya nggak standar, tapi untungnya masih muat dipakai Joshua. Ini Joshua pakai baju superman dan seperti pengen terbang : 


Kalau yang ini Joshua pake baju Dinosaurus, kirain kegedean, tapi ternyata udah pas.

Yang ini Joshua mencoba makai celana yang mama jahit, masih agak kepanjangan, dan dia foto baru bangun tidur, jadi ya gitu deh ga senyum hehe. Mama bisa banyak jahit sekarang karena Joshua bagus tidurnya.

Nah kalau ini baju warisan kaka Jona, waktu Jonathan pakai, Jonathan kira-kira udah berumur 8 bulan. Dan Jonathan makai baju ini sejak masih agak kedodoran sampai bisa jalan.

Ini video waktu Joshua telponan ama eyang putri.