Sunday, December 6, 2015

Joshua 6 bulan

Joshua udah 6 bulan, dan mama sudah beberapa bulan menunda posting perkembangan Joshua. Sebelum lupa lagi mumpung dia tidur tulis blog dulu deh.

Tadi joshua sudah mulai mpasi pertamanya, setelah membaca berbagai sumber kali ini mama memilih memulai dengan memberi bubur dari tepung beras yang dibikin sendiri. Agak memakan waktu lama memang karena dari beberapa hari sebelumnya mama sudah harus rendam beras, keringkan, blender dan saring supaya yakin tepungnya halus. Tapi hasilnya tadi masaknya ga lama dan walaupun Joshua makannya ga banyak dari ekspresinya keliatan dia ga menolak makan bubur nasinya. Namanya pengalaman pertama dengan tekstur yang berbeda pasti dia merasa campur aduk antara penasaran dengan aneh, tapi ya itu asal ga dimuntahkan lagi sudah baguslah. Sepertinya reflek menelan makanan sudah ada. Habis makan beberapa menit kemudian minta mimi trus bobo deh.

Beberapa hari lalu joshua sudah imunisasi DPT, waktu bulan ke 4 juga imunisasi. Trus waktu ditimbang di dokter beratnya sekarang 10 kg dan tinggi nya 70 cm, lingkar kepala 46 cm. Secara umum perkembangan Joshua diatas perkembangan jonathan waktu seumuran dan yang paling mencolok adalah masalah berat badan heheehe.

Perkembangan motorik Joshua sudah bisa tengkurap sejak 4 bulan 2 minggu dan bisa berguling sejak hampir 5 bulan. Sekarang dia mulai suka mengangkat pantatnya atau mengangkat tangan tinggi waktu tengkurap. Dia sangat suka memegang mainan. Untuk duduk dia masih belum bisa duduk tanpa disangga, duduk di kursi makannya juga masih cenderung condong ke depan dan sering kayak mau menjatuhkan diri ke samping. Kepalanya masih suka oleng kalau duduk dan belum begitu suka dilatih berdiri.

Senang sekali bisa memberi asi eksklusif selama 6 bulan dan hasilnya anak yang ceria. Pola tidur siang mulai kayak kaka jona dulu, dia sering terganggu kalau banyak suara suara jadi bobonya hanya sebentaran, tapi tidur malamnya jauh lebih baik dari kakak jona. Mama bisa dapat tidur nyenyak deh walau belakangan dia suka bangun 1 atau 2 kali tengah malam tapi dia bisa langsung tertidur lagi. 
Sepertinya banyak sekali yang ingin diceritakan,  beginilah kalau postingan diborong sekalian beberapa bulan. Tapi kesimpulannya 6 bulan sejak joshua lahir merupakan 6 bulan kebahagian bertambah apalagi kalau liat interaksi joshua dan jonathan rasanya seneng banget karena mereka berdua sudah mulai terlihat mengerti kalau mereka itu kakak adik. Kakak Jonathan sayang ama adik dan adik Joshua pengen belajar banyak dari kakaknya.

Oh ya challenge saat ini adalah Joshua sudah mulai mengalami separation anxiety terutama kalau lagi lapar dan ngantuk. Kalau ketemu orang baru dia masih tetap gampang senyum dan ga nangis tapi ada masanya kalau ditinggal mama sebentar aja ke kamar mandi pas papa atau kakak ga ada dia langsung nangis kenceng. Joshua nangisnya ada beberapa level mulai nangis manja sampai nangis serius dan hanya bisa berenti kalau dikasih mimi hehehe. Tapi tetep saja Joshua itu anak yang manis dan semoga tetep manis dan baik sampai besar seperti kak Jonathan.

Wednesday, September 9, 2015

Joshua 3 bulan

Tanggal 6 September kemarin Joshua berumur 3 bulan. Tadinya ada rencana mau membawa dia untuk imunisasi PCV, tapi karena hujan dan kelihatannya dia kurang sehat kami menunda membawanya imunisasi. Perkembangan Joshua sejauh ini, kalau ditimbang dengan timbangan rumah (dengan selisih orang yang menggendongnya) berat Joshua sudah 8 kilo. Lumayan deh kalau dia lagi manja dan minta digendong seharian, otot lengan jadi terasa terbentuk hahaha. Sejak lahir, Joshua itu tukang tidur. Waktu dia baru lahir sempat kuning karena dia memilih tidur daripada nyusu. Konsultan laktasi aja kehabisan teori buat membangunkan dia supaya menyusu. Nah setelah 2 minggu, akhirnya dia mulai banyak nyusu dan tetap banyak tidur. Tanggal 6 Sept kemarin, dia memecahkan rekor tidurnya, tidur siang dari jam 1 sampe jam 7 sore, dan sekitar jam 4.30 sore dia mau nyusu sambil tidur (biasanya kalau tidur dia ga mau nyusu sama sekali). Malamnya dia tetap tidur seperti biasa jam 9 dan bangun jam 3 untuk menyusu berikutnya. Tapi hari berikutnya, entah karena kebanyakan tidur hari sebelumnya atau pengaruh kopi (padahal saya sudah mulai ngopi sejak dia 2,5 bulan) dia ga mau tidur sejak jam 9 pagi sampe jam 10 malam kecuali kalau digendong atau sambil nyusu. Mungkin lagi growth spurt tapi sepertinya dia merasa ga nyaman ketularan pilek dari saya dan Jonathan. 

Untungnya hari berikutnya dan termasuk hari ini semua sudah normal lagi. Normal itu ya pagi dia akan tidur waktu antar kakak Jona ke sekolah, lanjut sampe rumah sekitar jam 11 an. Bangun tidur mimi, main-main dan nanti jam 1 an dia akan tidur lagi sampe jam jemput kakak Jona. Pulang jemput kadang dia lanjut tidur kadang ya bangun sambil mimi atau telpon eyang dan oppung sambil olahraga gerak2 badan. Terus dia akan menyimpan cadangan mimi untuk tidur sejak jam 7 malam sampe jam 9 malam. Sekitar jam 9 dia sudah tidur dan nanti minta mimi lagi sekitar jam 3 atau 4 pagi. Habis mimi langsung tidur lagi dan bangun berikutnya sekitar setengah 7 untuk mimi lagi. Jadi total frekuensi menyusuinya udah tinggal sedikit, tapi durasi menyusuinya kalau dia lagi rakus bisa lama. Sejauh ini, rasanya agak lebih ringan dibanding waktu Jonathan bayi. Jonathan sampai sekarang itu agak susah tidur, terus kalau tidur juga sebentar-sebentar doang. Semoga Joshua tetap bagus pola tidur dan menyusuinya.

Perkembangan motorik Joshua sekarang ini dia sudah bisa angkat kepala kalau ditengkurapkan (semakin stabil dibanding 2.5 bulan). Belum bisa menahan kepala tegak sendiri. Belum bisa berguling dan belum tertarik buat mengambil mainan kecuali rambut mama kalau lagi ga diikat pasti ditarik. Perkembangan yang agak beda dengan Jonathan dulu adalah kemampuan dia bersosialisasi dan komunikasi. Jonathan dulu dari 2,5 bulan juga sudah mulai bersuara dan seperti mengajak berkomunikasi, tapi Joshua sekarang ini sudah seperti pengen ngobrol dan bunyinya juga sudah bervariasi. Joshua juga gampang tersenyum dan kalau digodain udah bisa ketawa terbahak-bahak. Diajak ngobrol dengan orang baru juga dia mau memperhatikan. Satu hal yang mulai beda dari bulan sebelumnya, Joshua bisa menangis keras kalau dengar suara keras (padahal misalnya kakak Jona lagi nyanyi dengan semangatnya). Joshua juga sudah mengerti kalau namanya dipanggil. Sejauh ini dia lebih anteng dari kaka Jona dan jarang menangis kecuali kalau udah super ngantuk.

Oh ya, supaya Joshua tidak cuma makai baju warisan semua dari kakak Jona, mama iseng beli baju online dari Aliexpress, baju lucu-lucu dan sebagian sudah sampai. Ini baju dibeli ukuran untuk 9 bulan ke atas, dan sudah diduga ukurannya nggak standar, tapi untungnya masih muat dipakai Joshua. Ini Joshua pakai baju superman dan seperti pengen terbang : 


Kalau yang ini Joshua pake baju Dinosaurus, kirain kegedean, tapi ternyata udah pas.

Yang ini Joshua mencoba makai celana yang mama jahit, masih agak kepanjangan, dan dia foto baru bangun tidur, jadi ya gitu deh ga senyum hehe. Mama bisa banyak jahit sekarang karena Joshua bagus tidurnya.

Nah kalau ini baju warisan kaka Jona, waktu Jonathan pakai, Jonathan kira-kira udah berumur 8 bulan. Dan Jonathan makai baju ini sejak masih agak kedodoran sampai bisa jalan.

Ini video waktu Joshua telponan ama eyang putri.

Thursday, August 20, 2015

Joshua 2.5 bulan

Sejak ada facebook emang blog jadi sering ditinggalkan, tapi untuk catatan lebih enak nulis di blog. Banyak hal yang dulu kalau ga kami tuliskan di blog pasti Kami sudah lupa. Sekarang ini sebelum lupa sebaiknya menuliskan perkembangan Joshua di blog juga.


Cerita kelahiran sampai sebulan Joshua ada di blog kami. Yang belum dituliskan di situ bagian imunisasi. Tanggal 9 Juli 2015 kami membawa Joshua buat imunisasi bulan pertama Hepatitis B dosis ke-2 (dosis pertama sudah diberikan setelah lahir bersamaan dengan imunisasi BCG). Sebelum imunisasi seperti biasa ditimbang dan diukur tinggi dan lingkar kepala. Joshua beratnya naik menjadi 5 kg dan tinggi 53 cm. Lingkar kepalanya 40.5. Efek imunisasi pertama semua baik dan tidak ada demam, malah bobonya jadi agak banyak.

Tanggal 6 Agustus kami membawa Joshua buat imunisasi bulan ke-2: vaksin combo DTaP,  IPV dan Hib dalam 1 suntikan dan vaksin rotavirus yang dimasukkan ke mulut. Oh ya sebelum imunisasi seperti biasa ditimbang dulu: 6.7 kg tinggi 57 cm dan lingkar kepala 42cm. Pertambahan berat badannya sangat pesat padahal minumnya ASI eksklusif. Bersyukur dia sehat dan ASI lancar jadi mama juga bisa turun berat seperti sebelum hamil. Kalau mengingat 2 minggu pertama di mana Joshua kuning, malas menyusu dan susah latch on sehingga harus pakai nipple shield, sekarang rasanya bahagia banget ga ada masalah dengan menyusui termasuk supply yang membuat Joshua semakin sehat.


Sekarang Joshua udah 2.5 bulan, udah makin banyak bangun dan semakin senang diajak main dan murah senyum. Joshua juga cukup mengerti kalau dibawa dengan carseat dia akan tidur sepanjang jalan atau menikmati perjalanan. Baju kakak jonathan dulu mulai pada sempit dan akhirnya mama mulai beli baju buat joshua.

Supaya baju bisa dipakai lama, mama sengaja pilih  baju yang agak kebesaran. Tapi kalau dilihat gak terlalu kebesaran juga. Ini Joshua pake baju 9 bulan dan baju 12 bulan. Paling senang rasanya kalau liat Joshua senyum atau ketawa-tawa.



Sekarang ini Joshua sudah bisa tidur malam cukup panjang, dia membangunkan mama buat minum 1 kali saja lalu dia akan minum lagi pagi hari sebelum antar kakak Jona. Sampai rumah dia akan minta mimi lagi kalau dia udah bangun tidur. Jam mama makan siang dia juga minta mimi dan sblm jemput kakak dari sekolah mimi lagi. Pulang dari jemput kadang dia lanjut tidur kadang ya minta mimi lagi. Sebelum mama makan malam dia akan mimi lagi dan sebelum tidur mimi yang banyak deh. Dipikir2 frekuensi miminya masih banyak juga ya hehehe.


Berhubung udah menjelang jam jemput kayaknya postingan ini segini dulu deh.